Amerika Serikat dan Rusia Bekerja Sama Perangi Pembajakan

Amerika Serikat dan Rusia Bekerja Sama Perangi Pembajakan

Amerika Serikat dan Rusia dikabarkan telah menyetujui perjanjian untuk bekerja sama memerangi pelanggaran atas kekayaan intelektual. Sesuai isi perjanjian tersebut, Rusia akan menutup sejumlah website yang melanggar, dan akan menyediakan dana lebih banyak pada pihak berwajib, termasuk untuk melakukan penggerebekan secara fisik untuk menghancurkan konten-konten yang melanggar.

Perjanjian tersebut juga menuliskan bahwa Rusia akan membuat hukum baru yang akan mengatur kewajiban Internet Service Provider (ISP) dalam kasus pelanggaran kekayaan intelektual yang melibatkan mereka.

Pihak Amerika Serikat menyambut gembira atas perjanjian ini, karena perjanjian ini dapat memperluas perlindungan hak cipta Amerika Serikat di luar negeri. “Langkah ini sangat penting mengingat Rusia baru-baru ini menjadi anggota dalam World Trade Organization dan penerapan perjanjian WTO antara kami. Rusia telah membuat kemajuan yang baik dalam usaha memperbaiki rezimnya.” ujar Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia Ron Kirk.

 

(The verge)